LAPORAN POSISI KEUANGAN


BAB 13
LAPORAN POSISI KEUANGAN

Potret Ripley
            Konsep professor William Ripley dari Harvard, yaitu neraca sebagai sebuah potret diam, yang member kita gambar suatu perusahaan pada titik waktu tertentu. Neraca kadang-kadang disebut sebagai laporan simpanan (statement of stocks) sebagai lawan dari laporan arus (statement of flows).
            Pendekatan yang lebih tua terhadap penciptaan neraca disebut metode aktiva kewajiban. Dalam pendekatan ini kita cukup membuat daftar aktiva dan kewajiban perusahaan. Selisih antara keduanya menunjukkan hak residual pemilik dan jumlah yang membuat kedua sisi itu seimbang.
            Dalam pendekatan terhadap akuntansi yang didasarkan pada penghasilan, neraca menjadi laporan residual sebuah jenjang antara dua laporan rugi laba. Dengan demikian, neraca seringkali hanya memberikan sedikit informasi karena tidak memiliki interpretabilitas. Neraca kadang-kadang disebut sebagai titik kedatangan dan pemberangkatan dalam proses akuntansi, tetapi bila diturunkan dari pendekatan pendapatan-beban, neraca lebih berkaitan dengan masa lalu daripada masa depan.

Aktiva dan kewajiban
FASB mendefinisikan aktiva dalam SFAC 6 sebagai :
            Kemungkinan manfaat ekonomi masa depan yang diperoleh atau dikendalikan oleh satuan usaha tertentu sebagai hasil dari transaksi atau peristiwa di masa lalu.
FASB mendefinisikan kewajiban dalam pernyataan yang sama dengan gaya yang paralel :
            Kemungkinan pengorbanan manfaat ekonomi di masa depan, yang timbul dari kewajiban satuan usaha pada saat ini untuk menyerahkan aktiva atau memberikan jasa kepada satuan-satuan usaha lain di masa depan sebagai hasil dari transaksi atau peristiwa di masa lalu.
Definisi aktiva menurut professor John Canning :
            Setiap manfaat masa depan dalam bentuk uang atau setiap manfaat masa depan yang bisa dikonversikan menjadi uang . . . hak atas manfaat itu secara legal atau karena keadilan dijamin bagi orang atau sekelompok orang tertentu. Manfaat seperti itu merupakan aktiva hanya bagi orang atau sekelompok orang itu.
Definisi kewajiban menurut professor John Canning :
            Suatu manfaat, yang bisa dinilai denga uang, yang secara legal (atau karena keadilan) harus diserahkan oleh pemilik [pemegang aktiva] kepada orang (atau sekelompok orang) kedua . . .
APB Statement No. 4 mendefinisikan aktiva sebagai :
            Sumberdaya ekonomi suatu badan usaha yang diakui dan diukur sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum [termasuk] beban-beban tertentu yang ditangguhkan, yang tidak merupakan sumberdaya.
APB Statement No. 4 mendefinisikan kewajiban sebagai :
            Kewajiban (obligation) ekonomi suatu badan usaha yang diakui dan diukur sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Tiga Sifat Dasar Aktiva
Menurut FASB, suatu aktiva mempunyai tiga karakteristik dasar :
1.      Aktiva menyimpan kemungkinan manfaat masa depan yang menyangkut kapasitas, secara sendiri-sendiri atau dalam kombinasi dengan aktiva lain, untuk secara langsung atau tidak langsung memberi sumbangan pada arus masuk kas bersih di masa depan.
2.      Satuan usaha tertentu dapat memperoleh manfaat itu dan mengendalikan akses pihak lain pada aktiva itu.
3.      Transaksi atau peristiwa lain yang menimbulkan hak atau kendali satuan usaha atas manfaat tersebut sudah terjadi.

Tiga Sifat Dasar Kewajiban
Menurut FASB, suatu kewajiban mempunyai tiga karakteristik esensial berikut ini :
1.      Kewajiban mengandung tugas atau tanggung jawab saat ini bagi satu atau lebih satuan usaha, yang memerlukan penyelesaian berupa kemungkinan penyerahan atau penggunaan aktiva di masa depan pada tanggal tertentu atau yang dapat ditentukan, bila terjadi suatu peristiwa tertentu, atau berdasarkan permintaan.
2.      Tugas atau tanggung jawab itu menimbulkan kewajiban bagi satuan usaha tertentu, dengan tidak atau sedikit menyisakan kebebasan untuk menghindari pengorbanan masa depan itu.
3.      Transaksi atau peristiwa lain yang menimbulkan kewajiban satuan usaha itu sudah terjadi.



Precious life student of Telkom Institut of Manajemen 2010

0 Response to "LAPORAN POSISI KEUANGAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel